Sabtu, 22 November 2014

Sejarah CNC

Sejarah CNC

Mesin CNC (Computer Numerical Control) merupakan suatu sistem otomatisasi mesin perkakas yang di operasikan melalui sistem program numeric. Awalnya mesin ini dikembangkan oleh John Pearson dari Institut Teknologi Massachusetts, atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat karena banyaknya permintaan terhadap suku cadang pesawat terbang yang berbentuk kompleks. Pada tahun 1952 John Pearson menciptakan prototype mesin NC (Numerical Control) dengan memodifikasi mesin perkakas biasa. Mesin perkakas biasa di tambahkan dengan motor yang akan menggerakan pengontrol mengikuti titik – titik yang dimasukan ke dalam sistem oleh perekam kertas
Pada tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang dan di ikuti oleh perkembangan mikroprosesor, maka berkembang pula sistem kendali yang diterapkan dan volume unit pengendali dapat lebih ringkas. Selanjutnya tercipta mesin kendali yang berbasis computer yang kemudian dikenal dengan nama CNC tadi. Mesin perpaduan antara servo motor dan mekanis tadi (NC) segera di gantikan dengan sistem analog dan kemudian computer digital. . Mesin CNC memiliki perangkat utama, namun pada saat itu perangkat CNC memerlukan biaya yang tinggi dan volume unit pengendali yang besar. Berikut perangkat atau bagian utama yaitu :
1.      Program
2.      Control Unit atau Processor
3.      Motor Listrik Servo untuk menggerakan control pahat
4.      Motor Listrik untuk menggerakan atau memutar pahat
5.      Pahat
6.      Dudukan dan Pemegang
Jika di bandingkan dengan mesin perkakas biasa, mesin CNC memiliki keunggulan yaitu:
1.      Teliti
2.      Cepat
3.      Luwes
4.      Tepat
Dalam penggunaannya mesin CNC hampir di gunakan dalam segala bidang, baik dalam pendidikan, industri manufaktur, maupun riset yang mempergunakan alat – alat demikian dihasilkan berbagai hasil penelitian yang bermanfaat yang dengan tidak terasa sudah sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Mesin CNC memiliki beberapa keuntungan, diantaranya :
1.      Produktivitas tinggi
2.      Ketelitian pekerjaan tinggi
3.      Kualitas program yang seragam
4.      Dapat di gabung dengan perangkat lunak, misal software CAD/CAM
Hasil produksi mesin CNC dapat di gabung dengan perangkat lunak seperti software CAD/CAM sehingga pemakaian CNC akan lebih efektif, waktu produksi lebih singkat, kapasitas produksi lebih tinggi, dan biaya pembuatan produk lebih rendah. CAD dan CAM merupakan software yang paling banyak di gunakan saat ini dalam mesin CNC. Software ini memiliki 2 ( dua ) komponen utama yaitu desain gambar CAD ( Computer Aided Design ) dan desain gambar CAM ( Computer Aided Manufacturing ). Dengan adanya software ini, operator hanya perlu mengambar desain kemudian hasilnya disimpan dalam computer atau disket dan tidak perlu lagi memasukan program. Sehingga kesalahan pembuatan produk dapat di minimalisasi dan program ( gambar ) dapat di gunakan berulang – ulang ).
Mesin CNC di bagi dalam 2 jenis, yaitu :
1.      Mesin CNC TU ( Training Unit )
2.      Mesin CNC PU ( Production Unit )
Perkembangan selanjutnya di kenal dengan DNC ( Direct Numerically Controled ) yang lebih terintegrasi untuk produksi massal pada industri – industri. DNC melibatkan pengendalian beberapa mesin perkakas menggunakan komputer tunggal dengan hubungan langsung dan dalam waku langsung ( real time ). Untuk memasukan program part ke dalam MCU ( Multipoint Control Unit ), program dikirim ke dalam MCU secara langsung dari komputer, satu blok perintah setiap waktu. MCU merupakan perangkat yang umum digunakan untuk menjembatani video conference koneksi. Cara pengoperasian ini di kenal dengan istilah behind the type reader ( BTR ). Komputer DNC memberi perintah kepada mesin perkakas pada saat dibutuhkan. Bila mesin – mesin membutuhkan proses pengendalian,  mereka akan segera mengkomunikasikan kepada computer sentral. Setiap satu blok dijalankan olen mesin, blok selanjutnya segera di kirim. Dalam operasinya, komputer sentral memanggil program part yang di perlukan dari memori bulk dan mengirimnya ke mesin perkakas yang meminta. Komputer sentral juga menerima kembali data – data dari mesin yang menunjukan kinerja operasi dari lantai produksi. Sistem ini terdari dari 4 ( empat ) komponen :
1.      Komputer sental
2.      Memori yang besar ( bulk ) pada computer sentral
3.      Sekelompok mesin yang dikendalikan
4.      Jalur komunikasi
Demikian tulisan singkat tentang sejarah dan perkembangan CNC, jika ada kesalahan mohon di comment, di ingatkan, agar dapat saling bertukar pikiran. Terimakasih J

@septianws

1 komentar: