Rabu, 19 November 2014

Robot

Robot

Ketika mendengar kata ‘robot’ apa yang terlintas dalam pikiran anda? Jika yang anda pikirkan adalah tokoh - tokoh film animasi atau film fiksi, coba pikirkan lebih jauh. Pada zaman modern seperti saat ini, robot banyak berkembang dan digunakan dalam kehidupan manusia. Biasanya robot banyak digunakan dalam dunia industri. Sesuai dengan tujuan diciptakannya robot yaitu : meningkatkan produksi melalui otomasi, menciptakan tenga kerja yang berkinerja tinggi dan dapat bekerja 24 jam, untuk melakukan pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi, menggantikan manusia dalam pekerjaan yang bersifat selalu berulang – ulang, sebagai alat bantu bagi manusia dalam melakukan eksperimen ilmiah, untuk dapat bekerja pada tempat yang berbahaya bagi manusia, dan sebagai media hiburan.
Jadi menurut anda apakah robot itu? Robot merupakan sebuah alat mekanik yang dapat melakukan pekerjaan dengan akurat dan teliti, dengan pengawasan dan kontrol manusia ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu. Istilah robot muncul pertama kali pada tahun 1920, berasal dari kata ‘robota’ dari bahasa Ceko (Eropa Timur) yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Lalu pada tahun 1950, Isaac Aminov mengemukakan dalam novelnya ‘Robot’ tiga aturan perobotan yaitu : sebuah robot tidak boleh mencederai manusia, harus mematuhi perintah yang diberikan manusia kecuali bila itu melanggar aturan pertama, dan robot harus melindungi eksistensinya sendiri sebagai mesin yang harus mematuhi manusia.
Pada dasarnya robot dibuat dengan sistem menyerupai manusia. Manusia memiliki otot untuk bergerak, robot memiliki aktuator sebagai penggerak. Jika manusia memiliki panca indra, robot menggunakan sensor untuk berkomunikasi dengan lingkungan. Jika manusia memliki otak untuk mengontrol seluruh sistem tubuhnya,maka robot memiliki komputer.  Dan untuk beraktifitas manusia memerlukan makanan atau energi, maka robot menggunakan daya atau baterai  sebagai sumber tenaga.  Daya ini akan dihubungkan dengan aktuator, aktuator dapat berupa motor. Kemudian motor akan digunakan untuk mengatur gerakan dari sistem hidrolik atau pneumatik.
Pada saat ini robot mulai banyak dikembangkan dalam berbagai bentuk dan fungsi. Hal ini membawa perkembangan positif dalam ilmu pengetahuan. Dengan efek positif yang ditimbulkan oleh adanya robot, tidak dapat di pungkiri jika robot akan mengambil peran penting dalam kehidupan di masa yang akan datang. Pada bidang industri fungsi robot pada umumnya ditujukan untuk menggantikan peran manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang membutuhkan tenaga yang besar/kuat, yang memerlukan ketelitian yang tinggi dan yang  mengandung resiko tinggi terhadap keselamatan manusia. Atau dengan kata lain, robot dapat meminimalisasi human error (kesalahan manusia) pada proses pengindustrian serta dapat meningkatkan produktivitas produksi secara efisien yang memberikan keuntungan lebih. Robot juga dapat digunakan secara terus menerus tanpa merasakan adanya kebosanan dalam melakukan pemroduksian dan dapat juga digunakan pada lingkungan yang sangat berbahaya. Sebagai contoh dalam industri nuklir, robot digunakan karena radiasi nuklir yang sangat berbahaya bagi manusia apabila manusia berada dalam radius atau jarak yang cukup dekat dengan area tersebut. Robot juga digunakan pada industri perakitan, pengelasan, peleburan, pengecatan dan permesinan. Dengan kata lain penggunaan robot dalam bidang perindustrian ini bersifat kontroversial. Karena disatu pihak (perusahaan) dapat merasa diuntungkan dengan kemampuan yang dimiliki robot tetapi di pihak lain (buruh / teknisi) dapat merasa dirugikan karena lahan pekerjaan yang terbuka menjadi lebih sedikit.
Sekian, semoga bermanfaat J

@septianws

Tidak ada komentar:

Posting Komentar