Rabu, 19 November 2014

Mengenal Bahasa C


Mengenal Bahasa C

Bahasa C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Bahasa C merupakan bahasa pemograman yang sifatnya portable, yaitu dengan sedikit atau tanpa perubahan, suatu program yang ditulis dengan bahasa C pada suatu komputer dapat dijalankan pada komputer lain. Bahasa C merupakan general-purpose language yaitu bahasa pemograman yang dapat digunakan untuk tujuan apa saja. Dengan bahasa C kita dapat membangun beragam aplikasi mulai dari pemograman sistem, aplikasi cerdas, sistem pakar, utility, driver, database, browser, network programming, sistem operasi, game, virus, dll.
Bahasa C dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Bahasa C dikembangkan dari bahasa BPCL (Basic Combined Programming Language ) dan bahasa B. Bahasa BPCL di kembangkan oleh Martin Richard pada tahun 1967 sebagai bahasa sistem operasi dan kompiler. Ken Thompson pada tahun 1970 telah merancang bahasa B dengan memasukkan feature BPCL. Bahasa B dirancang untuk membuat system operasi Unix/Linux untuk computer DEC PDP-7 pada Bell Laboratories. Pada tahun 1978 Dennis Ritchie dan Brian W. Seiring pesatnya perkembangan bahasa C, maka banyak vendor dan software developer mengembangkan bahasa C menurut versi mereka masing-masing. hal ini telah memicu ANSI (American National Standards Institute) pada tahun 1983 untuk membentuk komite teknis yang di sebut X3J11 untuk bekerja pada standard bahasa C yang bertujuan untuk membuat definisi standar bahasa C yang lebih modern dan komprehensif, dengan memperbaiki syntax dan grammar bahasa C. Pada akhir 1989 komite telah menyetujui standard ANSI untuk bahasa C yang kemudian terkenal dengan sebutan ANSI C.
Aplikasi bahasa C biasa dipakai untuk program kalkulator, mesin kasir, Contoh aplikasi bahasa C,
Soal : Membuat rumus keliling lingkaran,segitiga,persegi panjang dengan memasukan nilai jari –jari (untuk lingkaran), nilai sisi a,b,c(untuk segitiga) nilai panjang,lebar(untuk persegi panjang).

Format Data (main.c)
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>

int main()
{
float d,a,b,c,p,l,kl,ks,kpp;
int pil;
char lagi;
ulang:
printf("pilihan menu rumus keliling\n");
printf("1. Keliling lingkaran\n");
printf("2. Keliling segitiga\n");
printf("3. Keliling persegi panjang\n");
printf("tulis kode menu yng dipilih (1,2,3) ?");scanf("%d",&pil);
switch (pil)
{
case 1:
printf("\n1.keliling lingkaran\n");
printf("masukan diameter = ");scanf("%f",&d);
kl=3.14*d;
printf("\nnilai keliling lingkaran = %.2f\n",kl);
break;
case 2:
printf("\n2.keliling segitiga\n");
printf("masukan sisi A = ");scanf("%f",&a);
printf("masukan sisi B = ");scanf("%f",&b);
printf("masukan sisi C = ");scanf("%f",&c);
ks=a+b+c;
printf("\nnilai keliling segitiga = %.2f\n",ks);
break;
case 3:
printf("\n3.keliling persegi panjang\n");
printf("masukan panjang = ");scanf("%f",&p);
printf("masukan lebar = ");scanf("%f",&l);
kpp=p*l;
printf("\nnilai keliling persegi panjang = %.2f\n",kpp);
break;
}
printf("\nketik y untuk mengulang\n");
lagi = getch ();
if(lagi == 'y')goto ulang;
else;
}

Sekian dari penulis, tunggu postingan berikutnya, semoga bermanfaat.


@septianws

Tidak ada komentar:

Posting Komentar